Minggu, 25 September 2011

Home » » Curhat Tentang Kotoran Anda di Fecesbook

Curhat Tentang Kotoran Anda di Fecesbook

Curhat Tentang Kotoran Anda di Fecesbook
Penulis : Prita Daneswari

Curhat Tentang Kotoran Anda di Fecesbook wordans.com
ADA banyak hal yang dapat kita lakukan di Facebook, mengshare gambar, mengomentari status teman, dan bermain banyak game online. Satu hal yang mungkin tidak bisa kita lakukan di Facebook adalah berbicara tentang bakteri di usus kita.

Tapi ada sebuah perusahaan berbasis di Jerman yakni My.Microbes yang meluncurkan Fecesbook. Dengan jejaring ini, kita bisa membahas masalah pencernaan dengan orang lain. Dengan membayar US$2.100 dan mengirim sampel kotoran Anda, My.Microbes akan meneliti urutan mikroba usus untuk melihat lebih dekat jenis organisme pada lapisan saluran pencernaan Anda.

Sampel tinja yang mereka terima akan digunakan perusahaan ini sebagai database DNA dan jaringan sosial. Situs web ini juga memberikan kesempatan untuk berbagi tips diet dan diskusi tentang masalah pencernaan hingga donasi.

"Aku menerima antara 50 dan 100 surat elektronik dari orang-orang juga mengalami masalah dengan perut atau diare. Kita pun bisa bertanya atau membantu mereka," kata asistem peneliti Peer Bork, seorang ahli biokimia di Laboratorium Biologi Molekuler Eropa di Heidelberg, Jerman.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature, ada tiga jenis mikroba usus yang tidak terkait dengan usia, jenis kelamin, ras, atau pola makan. Para peneliti berspekulasi bahwa tipe mikroba pada usus kita tergantung pada golongan darah, metabolisme, atau sistem kekebalan.

Di masa depan, data usus ini bisa membantu panduan pengobatan untuk berbagai penyakit, seperti DNA yang membantu memersonalisasi beberapa terapi kanker, seperti dikutip dari ABC News. Untuk mendaptkan data signifikan, My.Microbes membutuhkan sekitar 5ribu peserta dan kini ia baru mendapat 137 anggota. (Pri/OL-06)

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Sagalanyampak