Minggu, 25 September 2011

Home » » Tubuh Sehat Berawal dari Gigi

Tubuh Sehat Berawal dari Gigi

Tubuh Sehat Berawal dari Gigi
Penulis : Prita Daneswari

Tubuh Sehat Berawal dari Gigi sxc.hu
APAKAH Anda merasa menjadi orang yang sehat? Berat badan ideal, tidak mengalami penyakit serius, dan selalu bugar setiap hari memang menjadi indikator utama, tapi tunggu dulu. Cek dulu kesehatan mulut-gigi Anda.

Seseorang dikatakan tidak dapat dikatakan sehat bila tidak memiliki gigi-mulut yang sehat. Tahukan Anda? Hampir seluruh masyarakat dunia menderita penyakit gigi dan mulut.

Menurut data riset kesehatan dasar (Riskedas) 2007 saja, 75 persen penduduk Indonesia mengalami riwayat karies gigi dengan tingkat keparahan gigi sebanyak 5 gigi setiap orang. Dapat dibayangkan betapa besar beban pelayanan kesehatan gigi apabila masyarakat menyadari penyakitnya dan datang berobat ke pelayanan. Disebutkan, ternyata baru 7 persen penduduk yang menyikat gigi dengan benar dan hanya 7 persen masyarakat yang bersedia berobat gigi.

Hal itu sangat disadari Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih, terutama dalam memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional yang jatuh pada September ini. "Masyarakat perlu meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara baik dan benar,รข€ kata Menkes seperti dikutip dari Depkes.go.id, Senin (12/9).

Kemenkes pun sebenarnya tidak berdiam diri, banyak kegiatan yang telah diupayakan seperti promosi, pencegahan, dan pelayanan kesehatan gigi di puskesmas dan rumah sakit, bahkan sekolah.

Pada Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2011, Kemenkes berharap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan semakin luas dan berkualitas. Kemenkes juga mencanangkan 12 September sebagai Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional. Untuk tahun ini, diambillah tema Kesehatan Gigi-Mulut bagi Semua. (Pri/OL-06)

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Sagalanyampak