Jumat, 21 Oktober 2011

Home » » Rossi dan Stoner Kritik Kecerobohan Marquez

Rossi dan Stoner Kritik Kecerobohan Marquez

AFP Pebalap Spanyol, Marc Marquez.

PHILLIP ISLAND, Kompas.com - Casey Stoner dan Valentino Rossi memberikan kritikan pedas kepada Marc Marquez, yang menyebabkan kecelakaan horor pada sesi latihan bebas Moto2, Jumat (14/10/11) pagi, di Sirkuit Phillip Island, Australia. The rising star asal Spanyol ini menyeruduk motor pebalap Thailand, Ratthapark Wilairot, saat latihan bebas pertama sudah usai.
Saya pikir Marc membuat sebuah kesalahan karena setelah bendera berkibar, anda harus lebih lambat, dan dengan banyaknya motor di trek, hal itu bisa terjadi
-- Valentino Rossi
Sebenarnya, bendera tanda latihan bebas usai sudah dikibarkan. Tetapi, Marquez tetap melaju kencang, sehingga di Tikungan 3 dia menghantam dengan keras motor Wilairot, yang sudah mengurangi kecepatannya. Akibat tabrakan mengerikan itu, Wilairot langsung dilarikan ke rumah sakit di Melbourne untuk menjalani observasi. Beruntung, tak ada cedera yang serius.
Federasi Motorsport Internasional (FIM) menjatuhkan hukuman kepada Marquez. Pemimpin klasemen sementara tersebut bakal start dari urutan paling belakang, karena catatan waktu kualifikasinya akan ditambah 1 menit lagi, sebagai penalti atas kecerobohannya tersebut.
Kejadian mengerikan itu mengundang kritikan dari pebalap Repsol Honda, Stoner, dan pebalap Ducati, Rossi. Mereka mengatakan bahwa Marquez tak seharusnya melakukan tindakan bodoh itu ketika benderas sudah dikibarkan.
"Tindakan Marc itu sungguh sangat tidak dewasa. Maksudku, dia keluar ketika waktu (latihan) tersisa 50 detik. Tentu saja dia akan berusaha mendorong dan mendapatkan rasa di lap terakhir. Tetapi, dia seharusnya tidak memacu motor dengan sangat kencang setelah bendera dikibarkan. Saya pikir, itu adalah tindakan yang sangat tidak dewasa dari Marc."
Kecaman juga keluar dari mulut Rossi. Juara dunia sembilan kali grand prix ini mengatakan: "Saya sangat takut karena melihatnya secara langsung bahwa sesuatu yang buruk terjadi. Marquez keluar satu menit menjelang latihan usai, dan mencoba motor setelah sebuah kecelakaan sebelumnya. Dia terus menggeber motor setelah bendera berkibar.
"Saya pikir Marc membuat sebuah kesalahan karena setelah bendera berkibar, anda harus lebih lambat, dan dengan banyaknya motor di trek, hal itu bisa terjadi. Saya tidak tahu kecepatan Wilairot, tetapi dari televisi terlihat bahwa dia dalam kecepatan yang normal, dan tidak terlalu pelan."

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Sagalanyampak