Selasa, 15 November 2011

Home » » Bambang Soesatyo Salah Satu ‘Borjuis’ Pemilik Bentley

Bambang Soesatyo Salah Satu ‘Borjuis’ Pemilik Bentley

 




Jakarta – KabarNet: Gaya hidup mewah anggota DPR kembali menjadi sorotan publik. Pamer kekayaan para wakil rakyat itu dapat terlihat dari barisan mobil mewah yang terparkir di gedung DPR. Kendaraan yang dipakai anggota DPR tersebut adalah mobil mewah yang berharga lebih dari Rp2 miliar. Misalnya mobil Bentley Continental GT seharga Rp7 miliar.

Di tengah banyaknya masyarakat yang kelaparan dan miskin, justru sejumlah anggota DPR memamerkan mobil-mobil mewahnya. Terbaru, ada anggota DPR yang memiliki mobil super mewah Bentley seharga Rp7 miliar. Siapa saja mereka?
Berdasarkan informasi yang dihimpun beberapa sumber, ada tiga anggota DPR yang disebut-sebut memiliki mobil super mewah itu. Yakni, anggota dari Fraksi Partai Golkar yaitu Bambang Soesatyo, lalu Herman Hery dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Ruhut Sitompul asal Partai Demokrat yang dikenal sebagai salah seorang praktisi hukum. Selain berbeda asal partai politiknya, ketiga politisi muda ini juga mempunyai latar belakang yang berbeda.
Herman Hery adalah anggota DPR-RI dari DAPIL Nusa Tenggara Timur II yang bertugas di Komisi III dan Badan Anggaran, ia mempunyai latar belakang sebagai pengusaha sebelum terjun ke dunia politik. Sementara Ruhut Sitompul, dikenal sebagi seorang praktisi hukum.
Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat ini mengakui memiliki mobil mewah sebelum menjadi anggota DPR. “Aku dari lahir sudah jadi orang kaya,” ucap Ruhut di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/11/2011).
Ruhut memiliki mobil mewah Bentley GT Sport seperti yang dimiliki pesepak bola asal Inggris David Beckham. Ia mengklaim dirinya sebagai pemilik pertama Bentley di Indonesia. “Aku pemakai Bentley GT Sport itu. Yang pertama aku yang pakai di Indonesia,” jelasnya.
Sedangkan Bambang Soesatyo, selama ini dikenal sebagai politis muda yang mempunyai latar belakang sebagai pengusaha. Bambang memang dikenal sebagai salah satu politisi muda yang kerap tampil perlente.
Saat dikonfirmasi mengenai kebenaran memiliki kendaraan mewah seharga miliaran rupiah, Bambang tidak membantah dan mengakui jika memang benar dia memiliki kendaraan mewah tersebut. Namun politikus asal Fraksi Partai Golkar ini membantah jika ia baru mendapatkan kendaraan mewah tersebut setelah menjadi anggota DPR. “Saya kan pengusaha, saya kira teman-teman tahu semua itu,” ucap Bambang usai acara diskusi tentang korupsi di Cikini Jakarta Pusat, Minggu (13/11).
“Mobil itu saya peroleh tahun 2008. Lalu bulan Oktober 2009 saya dilantik jadi anggota DPR. Tahun 2009 itu juga saya masukan dalam Laporan Harta Kekayaan (LHK) di KPK. Apakah ada yg salah?,” Lanjut Bamsoet.
Anggota Komisi III DPR ini juga mengatakan kendaraan mewah tidaklah menjadi masalah. Sebab, baginya kendaraan hanyalah alat saja. “Adakalanya saya menggunakan mobil mewah saat bertemu rekan bisnis dan atau dengan kalangan jetset lainnya. Kalau saya mau ketemu rekan bisnis kalangan jetset, ya kan saya harus menyesuaikan,” ucapnya lagi.
Namun demikian pria yang akrab dipanggil Bamsoet ini menegaskan jika ia juga tidak canggung menggunakan mobil biasa seperti kijang dan lainnya. Menurutnya perjuangan seseorang tidak tergantung dari penampilannya. “Saya sering pakai mobil Terrano juga. Itu tidak jadi ukuran. Perjuangan seseorang tidak terpengaruh atau berimplikasi pada penampilannya,”tukas dia, seperti dikutip inilah.com.
Dikritik
Anggota DPR bergaya hidup mewah itu langsung mendapat kritik dari berbagai kalangan. Politisi Golkar Indra J Piliang, missalnya. Menurut dia, apa yang diperlihatkan anggota DPR tersebut tidak memberikan contoh keteladanan dari penyelenggara negara. “Karena mereka bekerja sebagai profesi bukan sebagai idealisme, Buktinya ada anggota DPR punya mobil Bentley harganya Rp7 miliar, banyak yang punya Alphard, dan sebagainya. Artinya, ada kepentingan mencari materi,” kata Indra J Piliang.
Hal sama diungkapkan Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan. Menurutnya, adanya anggota DPR yang memiliki mobil super mewah Bentley seharga Rp7 miliar, membuktikan anggota DPR hidup dengan gaya hedonisme. ”Mereka adalah representasi rakyat sepantasnya berkesaharian seperti orang publik seperti rakyat. Yang sering kita lihat kemewahan,“ ungkapnya.
Anis menyarankan, selama menjabat menjadi anggota DPR sebaiknya anggota tersebut menyimpan asetnya karena akan menjadi sorotan masyarakat. ”Selama jadi anggota DPR jadi pejabat disimpan dulu asetnya. Hiduplah sederhana. DPR jangan jadi display mobil mewah. Nanti jadi sinisme. Kesederhanan jadi barang mewah karena jarang sekali,” papar Anis.
Sementara itu, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia, Iberamsjah mengatakan anggota DPR yang memamerkan kemewahan harus bisa menjelaskan kepada rakyat dari mana mereka mendapatkan kemewahan tersebut. Menurut Iberamsjah, mobil mewah yang dimiliki anggota DPR pada dasarnya sah-sah saja, karena hal tersebut adalah hak mereka. Namun sebagai wakil rakyat, mereka harus mampu menjelaskan dari mana uang untuk membeli kemewahan tersebut didapat hingga apa tujuan sebenarnya menjadi wakil rakyat.
“Kalau mereka punya mobil mewah setelah menjadi anggota DPR, berarti anggota DPR kita sudah mati rasa. Karena tidak tertutup kemungkinan dalam proses mereka mendapatkan kemewahan itu telah menggunakan cara-cara kotor,” tegas Iberamsjah.
Budayawan Emha Ainun Nadjib pernah menyindir gedung DPR tak ubahnya showroom mobil. Karena di rumah rakyat itu berjejer mobil-mobil mewah. Ketika itu di era euforia reformasi, rakyat biasa yang bernasib mujur bisa menjadi anggota legislatif. Peruntungan itu membawa perubahan besar bagi kehidupan para legislator dadakan itu.
Mereka yang sebelumnya berprofesi sebagai wartawan, aktivis pemuda, guru, ustadz bahkan tukang tambal ban tiba-tiba menjadi anggota dewan yang terhormat dengan berbagai fasilitas mewah.
Fenomena orang kaya baru (OKB) menjamur selama kurun waktu awal era reformasi. Dan kini, para OKB itu menjelma menjadi konglomerat. Gaya hidup anggota DPR yang mewah, tidak mencerminkan nilai-nilai ideal kepahlawanan dan keteladanan sebagaimana yang dicontohkan para pendiri bangsa.
Oleh karena itu, bagi wakil rakyat penganut gaya hidup borjuisme pun diminta untuk mencontohkan hidup kesederhanaan dan keteladanan sebagai cermin kepedulian terhadap nasib rakyat yang selalu dililit berbagai kesulitan.

Seperti Apa Mobil “New Bentley Continental GT” ?

Produsen mobil supermewah Bentley mengeluarkan Bentley seri baru yang diberi nama New Continental GT seharga Rp6,5 miliar sampai Rp7 miliar melalui agen tunggal pemegang merek PT Grandauto Dinamika.
Produsen asal Inggris ini memasarkan supersport car ini sejak Juli 2011. New Continental GT sendiri merupakan generasi ke-2 Continental GT yang berkarakteristik sport namun masih bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.
Mesin W12 Bentley New Continental GT merupakan kupe 2-pintu dengan 4-tempat duduk. Supersport ini menggunakan mesin W12, twinturbo, berkapasitas 6.000 cc, 4-nokken as (camshaft), dan 48 katup yang mampu menghasilkan tenaga 567 PS @6.000 rpm dan torsi 700 Nm @1.700 rpm. Mesin ini diklaim mampu menggunakan bahan bakar etanol E85.
Untuk memindahkan tenaga mesin ke semua roda (all-wheel drive), New Continental GT dipasang transmisi otomatik ZF 6-percepatan berteknologi Quickshift plus paddle shift di setir yang memudahkan pengemudi mengendalikan transmisi. Pembagian tenaga antara roda depan dan belakang 40:60. Alhasil, mobil supermewah ini menggunakan ban 275/40ZR20 (depan dan belakang, atau pilihan lain 275/35ZR21). Untuk mencapai kecapatan 0-100km/jam, mobil ini hanya membutuhkan waktu 4,6 detik dengan kecepatan tertinggi 318km/jam.
Interior dalam menggunakan jok bermotif kulit Cobra dan semuanya dikerjakan dengan tangan. Jok dan bagian dalam pintu dilapisi kulit yang enak dan lembut disentuh. Sistem audio yang ada dirancang khusus Naim dengan 11 speaker berdaya 1.100 watt.
Di bagian tengah dipasang layar LCD sentuh 8 inci yang mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi serta didukung harddisk 30 GB. Sistem hiburan bisa dihubungkan langsung pada iPod, 6 CD changer, pembaca kartu memori SD, atau langsung dari harddisk yang bisa menyimpan lagu hingga 15 GB. Untuk memberi kenyamanan dan stabilitas prima, Bentley memasang suspensi udara agar pengguna bisa mengatur ketinggian mobil secara otomatis. [KbN/Slm/Inilah]

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Sagalanyampak