Kamis, 24 November 2011

Home » , , , » ITB Pamer Inovasi Cloud Computing

ITB Pamer Inovasi Cloud Computing


Jakarta - Perhelatan Digital Media Festival yang berlangsung di Institut Teknologi Bandung (ITB) tak cuma ingin unjuk gigi soal aplikasi mobile. Namun juga terkait solusi yang identik untuk kalangan entreprise, yakni cloud computing.

Bahkan, Microsoft Innovation Center Institut Teknologi Bandung (MIC-ITB) berkolaborasi dengan Navxore Nextology untuk memamerkan hasil inovasi solusi berbasis komputasi awan tersebut.

Beberapa solusi yang telah dihasilkan antara lain alternatif pengembangan bekerja pada digital office seperti online meeting, online colaboration, e-learning, online revervation dan multi media corporate information.

"Aplikasi-aplikasi ini dikembangkan agar bisa diakses lewat berbagai perangkat seperti laptop, komputer tablet dan SmartTV," kata Farid Zulkarnain selaku VP Development Navcore Nextology, dalam keterangannya, Kamis (24/11/2011).

MIC-ITB sendiri coba mendorong pelaku bisnis untuk memanfaatkan layanan cloud computing dalam meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaan. Dengan layanan ini, perusahaan diklaim tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli perangkat keras maupun perangkat lunak. Perangkat ini sudah disediakan oleh provider sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

"Cloud computing menjadi salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan efisiensi biaya," kata Ary Setijadi Prihatmanto, MIC-ITB Manager.

Komputasi awan merupakan komputasi berbasis internet. Seluruh sumber daya, informasi, dan perangkat lunak sudah disediakan oleh provider. Pelanggan bisa memanfaatkan layanan cloud computing ini sesuai kebutuhan.

Alhasil, pengguna dikatakan tidak perlu dibebani lagi dengan biaya investasi pengadaan perangkat keras maupun perangkat lunak seperti yang terjadi selama ini.

Ary dan Farid sepakat bahwa layanan komputasi awan dapat memberikan keuntungan karena menggunakan pusat data dengan kapasitas besar sehingga bisa menyebarkan sumber daya komputasi dengan biaya lebih murah dibanding menggunakan pusat data yang lebih kecil.

Keuntungan lain yang bisa didapat dari layanan komputasi awan adalah menghemat biaya tenaga kerja dan perawatan aplikasi karena sudah disediakan oleh provider cloud computing. Aplikasi-aplikasi baru juga diklaim lebih mudah dikembangkan melalui layanan ini.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Sagalanyampak