Kamis, 11 Agustus 2011

Home » » Mobile Campus di Blackberry, Berminat?

Mobile Campus di Blackberry, Berminat?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Telkomsel bersama Research In Motion (RIM) meluncurkan aplikasi mobile campus untuk smartphone BlackBerry pertama di Indonesia di sela-sela berlangsungnya Festival Universitas Pelita Harapan (UPH) ke-18.

Inovasi aplikasi ini memudahkan mahasiswa UPH untuk mengakses segala informasi mengenai kampusnya serta melakukan aktivitas akademik langsung dari smartphone BlackBerry.

Saat ini institusi pendidikan di Indonesia mulai menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi untuk meningkatkan kualitas aktivitas belajar dan mengajar. Teknologi selular yang menggunakan konsep pembelajaran virtual melalui aplikasi dan akses internet memungkinkan dosen dan mahasiswa saling berinteraksi secara mobile kapan saja dan di mana saja.

Sebagai operator selular yang paling dipercaya pengguna BlackBerry di Indonesia dengan lebih dari 2 juta pelanggan, Telkomsel terus berupaya meningkatkan keunggulan kompetitif dengan menyediakan layanan mobile lifestyle yang didukung jangkauan jaringan terluas dan berkualitas terbaik di Indonesia. Kemitraan strategis antara Telkomsel dan RIM kini menghasilkan inovasi bagi universitas terkemuka seperti UPH, baik dalam hal platform maupun layanan.

Aplikasi Mobile Campus BlackBerry Telkomsel merupakan aplikasi mobile campus hasil sinergi Telkomsel dan RIM pertama di Indonesia. Aplikasi yang dikustomisasi khusus bagi UPH ini mempermudah mahasiswa dalam mengakses informasi akademik serta melakukan aktivitas akademik kapan pun, di mana pun.

VP Channel Management Telkomsel Gideon Edie Purnomo mengatakan, “Kami berharap aplikasi mobile campus ini dapat menjadi solusi terlengkap bagi mahasiswa UPH untuk mengakses informasi serta melakukan aktivitas akademik melalui smartphone BlackBerry. Sekarang mahasiswa UPH bisa mengetahui kalender akademik, info beasiswa, dan lain-lain, bahkan melakukan pendaftaran mata kuliah dan mengakses data akademik pribadi secara mobile.”

Aplikasi mobile campus ini bisa diunduh di smartphone BlackBerry melalui link http://uph.better-b.mobi. Selanjutnya, mahasiswa UPH bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan berbagai aktivitas akademik, seperti: pendaftaran mata kuliah (termasuk info status dan biaya mata kuliah), pengunduhan materi akademik, serta mengakses data akademik pribadi atau profil mahasiswa (antara lain: indeks prestasi kumulatif, grafik prestasi, advisor, dan sebagainya).

Melalui aplikasi ini, para orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya di UPH juga bisa memperoleh segala informasi mengenai kampus, seperti: fasilitas kampus, peta kampus, pengajar, beasiswa, biaya kuliah, dan kegiatan non akademik. Aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai referensi buku di perpustakaan, kalender kegiatan kampus, lowongan pekerjaan, serta tempat kost mahasiswa.

BlackBerry telah menjadi smartphone yang paling banyak digunakan kawula muda di Indonesia dengan jumlah 5 juta pengguna. Kemiripan karakteristik mahasiswa dengan komunitas pengguna BlackBerry dalam hal kedekatan dengan teknologi, mobile, dinamis, dan terkoneksi secara sosial membuat aplikasi ini dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh mahasiswa.

“Sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, UPH membutuhkan solusi pembelajaran virtual yang mobile untuk memperoleh manfaat dari tren mobile lifestyle saat ini dan mengoptimalkannya untuk digunakan dalam aktivitas akademik. Aplikasi mobile campus inilah yang kami harapkan dapat dimaksimalkan mahasiswa untuk mendukung aktivitas akademik sehari-hari,” ungkap Reynier Wayong, Direktor Senior IT UPH.

Gideon menambahkan, kehadiran aplikasi mobile campus ini sekaligus merupakan dukungan nyata Telkomsel bagi kemajuan pendidikan berbasis teknologi komunikasi dan informasi. “Kami yakin kemudahan yang dihadirkan aplikasi ini mampu membantu efektivitas dan efisiensi aktivitas akademik sehingga secara otomatis akan memperlancar aktivitas belajar dan mengajar antara dosen dan mahasiswa,” pungkas Gideon.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Sagalanyampak