Selasa, 09 Agustus 2011

Home » » India Godok Situs Pendidikan Bergaya Facebook

India Godok Situs Pendidikan Bergaya Facebook

Jakarta, detik.com - Situs jejaring yang lebih mengarah ke edukasi tengah dibesut di India. Situs jejaring ini menyerupai Facebook namun dengan tambahan menu-menu pendidikan yang penting bagi para pelajar.

Pemerintah dari Rajasthan, salah satu dari negara bagian terbesar di India lah yang memiliki ide untuk merilis situs jejaring sosial berbau pendidikan ini. Sebagian besar fitur hampir sama seperti Facebook yakni menambah teman, mengupload foto, bermain game dan lain-lain.


Akan tetapi yang menonjol dari situs ini ialah bahwa ia menyediakan link khusus di home page-nya.

"Kami akan menyimpan e-book, dan materi pengajaran di situ," ujar salah satu petugas seperti dikutip detikINET dari IndiaTimes, Selasa (9/8/2011). Sejumlah tips yang berkaitan dengan mata pelajaran seperti fisika, kimia dan matematika juga turut disertakan.

"Ide yang mengalir di sini ialah memanfaatkan popularitas situs jejaring di kalangan pelajar. Kami berpikir, kenapa kami tidak memberikan sentuhan pendidikan sehingga para pelajar tidak hanya menikmati sisi fun-nya saja namun juga belajar sesuatu," tambah pihak pemerintah.

Industri teknologi India telah lama melakukan upaya dalam hal e-learning. Menurut data, literasi nasional alias tingkat melek informasi di India masih rendah yakni 63% dan hanya ada sekitar 3% rumah yang memiliki komputer pribadi.

Yahoo India di sana pernah meluncurkan program di bulan Juni untuk mengedukasi remaja di desa tentang cara penggunaan email, melakukan pencarian dan seluk beluk lain di internet. Pemerintah di tahun 2009 juga turut membuat program di tahun 2009 dengan materi pendidikan yang bisa diunduh untuk meningkatkan literasi di antara wanita.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Sagalanyampak